Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika sistem kekebalan Anda kuat, Anda tidak akan mudah sakit. Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu pilihan adalah gaya hidup sehat dan diet sehat.

Sistem kekebalan atau sistem kekebalan terdiri dari kumpulan sel, jaringan, dan organ yang bekerja bersama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Jika sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman ini dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi.

Salah satu penyakit menular yang mudah menyerang tubuh seseorang ketika sistem kekebalannya lemah adalah COVID-19 atau infeksi virus korona.

Ragam Makanan Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Makanan sehat yang sangat bergizi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan secara efektif mengusir infeksi. Beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan adalah:

1. Brokoli
Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan dan kaya akan vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi ini membuat brokoli mampu mempertahankan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Bayam
Tingkat antioksidan dalam bayam tidak kalah tinggi dari pada brokoli. Sayuran ini juga mengandung banyak beta-karoten, vitamin C dan vitamin A, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, hindari memasak bayam terlalu lama untuk menghindari pemborosan nutrisi.

3. Bawang putih
Bumbu yang paling umum digunakan sebagai bumbu dalam makanan ini mengandung allicin. Zat ini dapat mempertahankan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Selain itu, bawang putih mengandung zat yang dapat membunuh bakteri, virus, dan parasit, dan memiliki sifat antioksidan yang mengurangi peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah normal.

4. Kunyit
Warna kuning kunyit menunjukkan bahwa ramuan ini mengandung curcumin. Curcumin adalah antioksidan yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Zat ini juga memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya dapat membantu mengatasi osteoartritis dan artritis reumatoid. Selain itu, kunyit berpotensi mengurangi risiko sejumlah penyakit serius seperti diabetes, demensia, masalah jantung dan kanker.

Meski demikian, manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit masih perlu digali.

5. Buah
Buah-buahan yang cerah dan berwarna-warni kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral, yang memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Beberapa jenis buah-buahan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu biji dan stroberi.

6. Makanan Laut
Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, asam lemak omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) serta vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan adalah ikan, kerang, dan tiram.

7. Yogurt
Yogurt adalah jenis probiotik yang kaya akan probiotik. Selain yogurt, probiotik juga ditemukan di banyak makanan fermentasi lainnya seperti kimchi atau tempe.

Probiotik adalah bakteri baik yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebarkan infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih dan ISPA.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi secara optimal, perlu makan makanan seimbang dan bergizi yang terdiri dari berbagai jenis makanan.

Selain makan makanan sehat, langkah-langkah harus diambil untuk meningkatkan kekebalan dengan minum banyak air dan menghindari konsumsi minuman beralkohol, makanan manis, dan makanan yang tinggi kolesterol.

Baca Juga :