Selain Enak Dikonsumsi, Inilah Ragam Manfaat Gula Aren

Selain Enak Dikonsumsi, Ini Ragam Manfaat Gula Aren

Dengan warna coklat gelap dan rasanya yang manis dan kental, gula aren sering disamakan dengan gula aren. Padahal, kedua jenis gula itu sangat berbeda. Seperti halnya gula pasir, gula aren juga dibuat dari tebu. Sedangkan gula aren dibuat dengan sari kurma atau tepung kelapa.

Selain bahan dan cara pembuatannya, ada perbedaan yang signifikan antara gula aren dan gula aren dalam kandungan nutrisi. Gula jawa tidak mengandung nutrisi penting, sedangkan gula aren mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Nutrisi yang terkandung dalam gula aren termasuk seng, zat besi, serat inulin dan magnesium. Gula aren juga memiliki kalori, lemak, dan indeks gula darah yang lebih rendah daripada gula.

Namun, nutrisi ini hanya tersedia dalam jumlah kecil. Satu-satunya nutrisi dalam gula aren yang memiliki kandungan tinggi adalah kalium.

Apa Sih Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

Selain Enak Dikonsumsi, Inilah Ragam Manfaat Gula Aren

Selain Enak Dikonsumsi, Inilah Ragam Manfaat Gula Aren

Karena gula aren lebih bergizi daripada gula biasa, ia memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti:

1. Tingkatkan kadar gula darah

Gula aren memiliki indeks glikemik yang relatif rendah dibandingkan dengan jenis gula lainnya. Ini berarti bahwa ketika Anda makan gula aren, kadar gula darah tidak naik dengan cepat. Efek ini bermanfaat bagi penderita diabetes yang perlu mempertahankan kadar gula darah yang stabil.

Namun, tidak ada studi klinis yang menjamin bahwa gula aren dapat mencegah peningkatan gula darah atau mengontrol kadar gula darah. Karena itu, manfaat gula aren pada diabetes perlu digali lebih lanjut.

2. Periksa tekanan darah tinggi Anda

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang berbahaya dan seringkali tanpa gejala. Tanpa perawatan yang tepat, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi serius seperti stroke, penyakit jantung, dan kerusakan ginjal.

Untuk mengendalikan tekanan darah agar tidak naik, seseorang harus menjalani gaya hidup sehat, mengurangi asupan garam, dan mengonsumsi makanan bergizi. Salah satu nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah adalah kalium.

Gula aren mengandung kalium, tetapi tidak dianjurkan untuk memastikan bahwa gula ini sepenuhnya diserap. Ini karena asupan gula yang tinggi tidak baik untuk kesehatan Anda. Jika terlalu banyak gula dikonsumsi, gula darah dan tekanan darah meningkat.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kalium juga berperan dalam kesehatan tulang. Studi menunjukkan bahwa asupan kalium harian yang cukup meningkatkan kepadatan kalsium dan mineral lain di tulang dan membatasi jumlah kalsium yang terbuang dalam urin.

Mineral tulang yang padat dan kadar kalsium yang konstan dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit tulang seperti osteoporosis.

Namun sejauh ini, tidak ada penelitian yang mengkonfirmasi keefektifan gula aren dalam menjaga kesehatan tulang. Untuk tulang yang sehat, Anda harus terus berolahraga secara teratur dan meningkatkan konsumsi vitamin D dan kalsium Anda.

4. Mengurangi risiko batu ginjal

Batu ginjal adalah kondisi di mana mineral keras atau endapan mineral menyerupai batu dalam bentuk ginjal. Ketika sudah besar, batu ginjal bisa menyumbat saluran kemih.

Penderita batu ginjal menderita gejala berupa sakit punggung dan pinggul yang sering ingin buang air kecil, penghentian urine dan buang air kecil yang menyakitkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan kalium dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Untuk mencegah batu ginjal, kebutuhan kalium harian harus ditutup. Rekomendasi untuk mengambil kalium untuk orang dewasa per hari adalah antara 4.500 dan 4.700 mg.

5. Jaga berat badan ideal

Karena gula aren mengandung kalori sedikit lebih sedikit daripada gula pasir, menggunakan gula ini sebagai pemanis dapat membantu menjaga berat badan. Tetapi ada beberapa syarat, yaitu, jumlahnya tidak boleh terlalu tinggi.

Jika terlalu banyak dikonsumsi, kalori yang masuk tetap tinggi. Akibatnya, tubuh akan bertambah berat, terutama jika asupan kalori tinggi tidak disertai dengan olahraga atau aktivitas fisik.

Mematuhi batas konsumsi

Meskipun terlihat menjanjikan pada pandangan pertama, sayangnya tidak banyak penelitian kesehatan yang tersedia hingga saat ini yang dapat menjamin manfaat gula aren untuk kesehatan umum.

Meskipun memiliki kandungan kalium lebih tinggi dan dianggap lebih sehat daripada gula normal, itu tidak berarti bahwa gula aren dapat dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena gula aren juga mengandung banyak fruktosa dan sukrosa.

Kedua zat ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko diabetes, masalah ginjal, dan bahkan penyakit jantung.

Asupan gula biasa setiap hari dapat diganti dengan gula aren untuk mencapai berbagai manfaat yang disebutkan di atas. Jika Anda menderita diabetes dan kesulitan mengontrol gula darah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi gula aren

Baca Juga :